Inilah 5 Fitur Keselamatan yang Wajib Ada Pada Mobil

Inilah 5 Fitur Keselamatan yang Wajib Ada Pada Mobil

Dalam memilih mobil, selain mempertimbangkan harga, fitur dan perawatan, Anda juga harus mempertimbangkan faktor keselamatan. Saat ini para produsen mobil mulai membenahi fitur keselamatan produk mereka. Seiring berkembangnya teknologi, berbagai fitur keselamatan mobil terus dikembangkan guna mengurangi tingkat kecelakaan saat berkendara. Untuk Anda yang sedang mencari mobil, berikut fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil agar terhindar dari cedera.

1. Airbag

New Car Assesment Program selaku balai penilai keselamatan mobil tidak akan memberikan bintangnya jika mobil tidak memiliki Airbag (Kantung Udara). Airbag sendiri merupakan kantung yang dapat mengembang saat sensor membaca terjadi kecelakaan. Posisi Airbag bisa di sisi pengemudi, sisi penumpang, dan jok pilar pintu. Keberadaan Airbag bisa menghindari penumpang dari cedera saat terjadi kecelakaan.

2.  Safety Belt

Fitur keselamatan Safety Belt bertujuan untuk menghindari pengemudi dari benturan dashboard jika mobil mengalami tabrakan. Saat ini, Safety Belt tidak hanya untuk penumpang di kursi depan saja, tapi juga di kursi baris kedua dan ketiga dengan pengaturan agar penumpang nyaman menggunakan Safety Belt.

3. Kamera dan Sensor Parkir

Fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil berikutnya adalah Kamera dan Sensor Parkir. Dengan adanya kamera dan sensor parkir, pengemudi tidak perlu was-was saat parkir mundur. Jadi Anda tidak perlu melihat spion ataupun melongok ke luar jendela. Sederhananya, sensor mobil akan memindai objek yang melintasi sisi belakang mobil kemudian memberikan peringatan melalui kamera di dashboard Anda.

4. Anti Lock Breaking System (ABS)

Sistem ABS mengatur agar rem tidak mengunci roda meski pengemudi menginjak pedal rem sedalam-dalamnya. Karena bila rem mengunci roda, kendaraan jadi sulit dikendalikan. Fitur ABS ini sangat berguna saat terjadi pengereman mendadak.

5. Vehicle Stability Assist (VSA)

VSA juga termasuk fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil karena bekerja dengan cara memantau pergerakan mesin dan roda. Dengan VSA, putaran mesin ke roda dapat ditambah ataupun dikurangi agar laju kendaraan tetap stabil. Sehingga saat menikung, mobil bisa tetap bergerak normal sesuai arah kemudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *